Cara Termudah Untuk Membuat Cumi Asin Sambal Bawang yang Yummy

Cumi Asin Sambal Bawang. Masukkan cabai, semua bawang, dan. garam ke dalam blender. Sambal bawang goreng sering dijumpai di warung makan hingga restoran. Cita rasa yang menggugah selera pastinya enak banget.

Cumi Asin Sambal Bawang Proses pemasakan yang hygienis membuat rasa sambal ini Bagi anda yang suka masakan pedas, Sambal cumi asin JS cocok untuk menambah selera makan anda. Komposisi : Cabai, cumi asin, bawang. Ulek bawang putih, bawang merah, cabai rawit Panggang dengan teflon yang sudah panas sampai matang sambil dibolak-balik. Bunda dapat memasak Cumi Asin Sambal Bawang menggunakan 17 bumbu dan dalam 6 tahapan. Begini cara memasak masakannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan Cumi Asin Sambal Bawang

  1. Siapkan cumi asin sebanyak 150-200 gr.
  2. Olah jeruk nipis sebanyak secukupnya.
  3. Siapkan Bumbu Ulek/Blender Kasar sebanyak .
  4. Olah bawang putih sebanyak 4.
  5. Olah bawang merah sebanyak 4.
  6. Bunda dapat Siapkan cabai merah (aku pakai cabai keriting) sebanyak 7.
  7. Bunda dapat Siapkan cabai rawit besar sebanyak 4.
  8. Bunda dapat Siapkan Tumis sebanyak .
  9. Bunda dapat Siapkan minyak sebanyak secukupnya.
  10. Siapkan sereh iris tipis sebanyak 4 batang.
  11. Siapkan bawang merah iris tipis sebanyak 3.
  12. Bunda dapat Siapkan lengkuas digeprek (aku 1 ruas ibu jari) sebanyak secukupnya.
  13. Siapkan daun jeruk sebanyak 4 lembar.
  14. Siapkan kaldu bubuk (aku pakai masako) sebanyak 1/2 sdt.
  15. Olah air matang sebanyak secukupnya.
  16. Olah tomat cherry (potong belah 2 atau 4 tergantung ukuran. aku pakai tomat hijau kecil belah 4) sebanyak 3-4 buah.
  17. Olah cabai rawit utuh sebanyak 4.

Rebus semua bahan sambal, lalu haluskan dengan gula dan garam. Nikmati sensasi pedas dan gurih dari sambel Cubang – cumi bawang 🦑. Masak hingga air menyusut dan saus sambal mengental. Cumi Asin biasa hanya digoreng dengan bawang goreng saja juga udah lezat, tapi untuk Anda yang menyukai sambal, menu Sambal Cumi Asin tidak boleh dilewatkan.

Baca :  Cara Termudah Untuk Menyiapkan Sambal goreng usus yang Mantap

Instruksi Untuk Menyiapkan Cumi Asin Sambal Bawang

  1. Siapkan panci berisi air lalu tunggu mendidih, rebus cumi asin selama 20 menit (gunanya agak empuk dan tidak amis) lalu balurkan perasan jeruk nipis agar tidak amis. bilas dengan air mengalir sambil pijat2 cumi dan bersihkan kotorannya sambil bilas berkali2 (kalo ngga punya jeruk nipis, boleh ganti lumuri pakai kunyit bubuk desaku aja sambil dipijat2 beberapa saat. tapi jangan lupa untuk dibilas sampai bersih agak rasa khas cuminya ngga hilang ya). tiriskan..
  2. Panaskan minyak, masukkan irisan bawang merah, irisan sereh, lengkuas geprek, daun jeruk, tumis hingga harum.
  3. Masukkan bumbu ulek/blender (aku pakai blender 3-4 detik biar ngga terlalu halus sambalnya karena ngga punya cobek hehe).
  4. Masukkan cumi yang sudah bersih tadi, masukkan kaldu bubuk, aduk, lalu masukkan air matang secukupnya. (jangan terlalu banyak, sedikit aja).
  5. Masukkan potongan tomat cherry dan rawit utuh, tunggu hingga air sat dan sambal terlihat matang. (minyak jangan sampai kering ya).
  6. Wajib koreksi rasa yaa. jika sudah matang, sajikan dan selamat menikmati! kalau aku untuk stock beberapa hari atau seminggu kedepan makanya minyaknya aku sisain untuk tidak sampai terlalu kering karena untuk nanti jika mau dipanasin lagi.. aku taruh di tupperware, tunggu sampai dingin lalu masukin ke kulkas 😋.

Berikut bahan dan cara membuatnya dilansir Suara.com dari @hanhanny Resep Sambal Bawang Plus Cumi dan Petai. Apakah Anda dan keluarga termasuk penyuka cumi asin? Jika, ya, pasti menu yang satu ini akan selalu masuk dalam daftar menu mingguan. Supaya tidak bosan, bagaimana jika mengolahnya dengan beragam resep? Berikut ini kami berikan resep cumi asin yang lezat dan menggugah selera.

Baca :  Cara Untuk Memasak Cireng sambal manis yang Menggugah Selera

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *