18. Nasgor Jawa.

Bunda dapat memaasak 18. Nasgor Jawa menggunakan 21 bumbu dan dalam 11 tahapan. Begini cara menyiapkan masakannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan 18. Nasgor Jawa

  1. Ini 1-2 porsi of nasi.
  2. Ini of Bumbu halus :.
  3. Ini 5 buah of bawang merah (uk.kecil).
  4. Bunda dapat 3 siung of bawang putih.
  5. Ini 1/2 sdt of terasi goreng/bakar (ato sesuai selera).
  6. Ini 3 butir of kemiri (uk.kecil").
  7. Ini 3 buah of cabe merah keriting/bs cabe merah besar.
  8. Ini 1 sdt of garam.
  9. Siapkan 1/2 sdt of kaldu jamur.
  10. Ini 1 sdt of lada.
  11. Bunda dapat 4 sdm of kecap manis (ato sesuai selera).
  12. Siapkan 2 sachet of saus tomat (me: de**onte).
  13. Siapkan 3 lbr of kubis, rajang tipis".
  14. Ini Secukupnya of minyak goreng.
  15. Ini of Pelengkap :.
  16. Bunda dapat 1 buah of bakso, potong".
  17. Ini 1 buah of ayam goreng, suwir.
  18. Siapkan 1 buah of timun.
  19. Ini 1 buah of sla.
  20. Siapkan 1 buah of telur ceplok/dadar/rebus.
  21. Siapkan 1 sdm of bawang merah goreng.

Langkah-langkah 18. Nasgor Jawa

  1. Goreng telur, bisa diceplok bisa juga di dadar, bisa juga d rebus, sisihkan..
  2. Haluskan bumbu halusnya dan siapkan bahan" lainnya.
  3. Tumis bumbu halus d minyak sisa goreng telur sampe matang (usahakan penggunaan minyak tdk terlalu banyak agar nanti nasi gorengnya ga berminyak banget ato bisa sesuai selera sih.. Suka suka hehe).
  4. Masukkan saus tomat, kemudian masukkan suwiran ayam, bakso dan kubis, aduk..
  5. Api yg dipakai masi sedang cenderung kecil, selama itu saya pakai untuk mencampur tumisan bumbu halus, kecap dan nasi. setelah tercampur rata semuanya baru saya besarkan apinya dan diaduk cepat sampe matang dan lmyn kering..
  6. Matikan api, koreksi rasa. kalo suda sip rasanya, tata d piring beri daun sla keriting, timun dan beri telor ceplok plus taburan bawang merah goreng..
  7. Nb : pake nasinya kalo bisa sisa nasi semalam dan dmasukkan kulkas kalo ga ada nasi yg kering. kalo saya berhubung dadakan bikinnya, jd sekitar dua jam sebelum bikin nasgor, nasinya saya masukin kulkas hehe.
  8. Nb : berhubung kubisnya cm dikit jdnya ga keliatan d gbr heehe bs juga dikasi cambah tp pas ga ada stok cambah.
  9. Nb : nasgor jawa biasanya identik dengan pemakaian terasinya, berhubung saya g begitu suka banyak" jdnya ukurannya cm segitu. bisa ditambah kok. sesuai selera saja..
  10. Nb : kalo pake ukuran kecap d resep ini, cenderung rasanya manis, pemakaian kecapnya bisa dikurangin kalo ga begitu suka manis..
  11. Nb : untuk suwiran ayamnya bisa dicampur pas numis bumbu ato diberi pas nasgor suda matang(buat taburan).
BACA JUGA  Resep: Menu sarapan nasgor jawa spesial pakek telur 😀 yang maknyus