Resep: Ayam Goreng Lengkuas Gurih (+ tips remahan) Yang Lezat Sekali

Ayam Goreng Lengkuas Gurih (+ tips remahan). Masak ayam goreng di rumah tapi rasa gak kalah sama Resto? Ayam goreng lengkuas atau laos adalah salah satu resep ayam goreng bumbu rempah tradisional yang sudah ada sejak jaman ibu ataupun nenek kita. Resep ayam goreng lengkuas ini sebenarnya meruapakan salah satu jenis ayam ungkep yang terbuat dari lengkuas.

Ayam goreng memang menjadi salah satu menu hidangan favorit, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tidak heran, daging ayam yang kenyal dan nikmat itu memang paling enak disajikan saat masih panas-panas, apalagi kalau ada bumbu kremesannya yang menambah cita rasa. Sajian ayam goreng serundeng lengkuas atau yang sebagian menyebutkan ayam serundeng laos adalah sajian istimewa yang enak. Bunda dapat memaasak Ayam Goreng Lengkuas Gurih (+ tips remahan) menggunakan 15 bumbu dan dalam 8 tahapan. Begini cara mamasak masakannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan Ayam Goreng Lengkuas Gurih (+ tips remahan)

  1. Siapkan 1/2 ekor of ayam.
  2. Siapkan of Bumbu halus :.
  3. Ini 5 siung of bawang merah.
  4. Ini 4 siung of bawang putih.
  5. Siapkan 1 buah of kemiri.
  6. Ini 2 cm of kunyit.
  7. Bunda dapat 3/4 sdt of ketumbar.
  8. Siapkan of Bumbu kasar :.
  9. Ini 100 gr of lengkuas.
  10. Siapkan 2 lembar of daun salam.
  11. Siapkan 1 batang of sereh (geprek).
  12. Siapkan of Bumbu lainnya :.
  13. Ini of Garam.
  14. Siapkan of Gula pasir.
  15. Bunda dapat of Lada bubuk.

Betapa tidak, rempah khas nusantara yang berkolaborasi dengan nikmatnya parutan lengkuas yang dicampur bersama bumbu lain dan digoreng hingga keriuk. Apa kunci kelezatan ayam goreng lengkuas? Jawabannya tentu pada taburan lengkuas yang gurih dan sedap banget kalau diaduk di atas nasi putih hangat. Inilah yang jadi kelebihan ayam goreng lengkuas dibanding ayam goreng biasa.

Instruksi Ayam Goreng Lengkuas Gurih (+ tips remahan)

  1. Potong ayam jd beberapa bagian, cuci bersih.
  2. Ulek/blender bumbu halus..
  3. Ulek lengkuas untuk remahannya. Disini beberapa cara bisa dilakukan, diparut atau diulek sampe serabutnya misah2 (kalo saya diulek aja krn lbh suka remahnya kasar lebih berassa kres2)..
  4. Tumis bumbu kasar dan bumbu halus hingga harum dengan api sedang. Masukkan air, garam, gula, lada bubuk, lalu tes rasa. Tips : jika pas ngulek bumbu kasar udah pake garam, disini ga perlu tambah garam lagi biar ga keasinan…
  5. Setelah mendidih, masukkan ayam, lalu tunggu sampai susut dengan api kecil, agar bumbu lebih meresap ke ayam. Jangan lupa dibalik sesekali yah biar merata resapan bumbunya..
  6. Setelah selesai, goreng ayamnya hingga keemasan, sisihkan. Bersihkan dulu bumbu yg menempel karena kita akan menggoreng remahannya terpisah..
  7. Lalu goreng bumbu2 kasarnya hingga kering dan menjadi remahan….
  8. Yummy enak banget ini loh. Cobain aja 😍😍.

Ayam Goreng Lengkuas, resep klasik bagi mereka yang mencari selingan selain serundeng ataupun kremes. Yuk, cari tahu cara membuatnya yuk! Resep Ayam Goreng Lengkuas, Tambah Sambal Lebih Nikmat! Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Ingin membuat ayam goreng spesial diakhir pekan untuk keluarga tercinta dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *